Sabtu, 03 November 2012

Firman Dan Sabda Nabi (3 of 4)

   Harus diketahui bahwa kewajiban shalat dan puasa itu, waktu datangnya perintah bersamaan dengan kewajiiban menutup aurat, yaitu ketika usia anak telah baligh. Maka bagaimana dengan kita yang sampai hari ini lengah terhadap pengajaran, teladan, dan pengawasan terhadap anak-anak kita? Bisa dipahami bahwa perintah menutup aurat ini adalah perintah Allah khusus kepada wanita 'beriman'. Bagi wanita yang tidak beriman, maka wajarlah jika firman Allah ini dianggap angin lalu  belaka.

   Dalil yang mewajibkan wanita mukminat untuk memakai jilbab (menutup aurat), antara lain terdapat dalam surat An Nur (24) ayat 31, yang artinya :

"Dan katakanlah kepada wanita beriman; 'Hendaknya mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan  janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka (auratnya), kecuali yang (biasa) nampak dari mereka. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dada mereka, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka memukulkan kaki meraka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung'."

   Dan juga di dalam surat Al Ahzab (33) ayat 59, yang artinya :

"Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka'. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."

Nabi bersabda :
"Aku melihat kebanyakan penghuni neraka adalah kaum wanita, yang demikian itu disebabkan oleh karena sedikit sekali diantara mereka yang taat kepada Allah, Rasul-Nya dan mematuhi suaminya, karena mereka terlalu banyak berhias (bersolek)."

Tidak ada komentar: