Kamis, 01 November 2012

Apa Sih Khusnul Khotimah Itu? (1 of 4)

   Khusnul Khotimah merupakan dambaan tiap muslim dalam menutup akhir hidup di dunia dengan baik untuk meneruskan perjalanan panjang selanjutnya. Jangan kita mengartikan salah dengan pengertian ini. Misalnya ada seorang shalih meninggal dalam kecelakaan yang mengerikan ketika hendak mengisi kajian satu majlis. Kemudian, dengan ketidak-tahuan kita,kita menghukumi kematian tersebut dengan keburukan dikarenakan akibat yang mengerikan terjadi pada tubuhnya. Khusnul khotimah adalah ditutupnya  usia seseorang dalam keadaan dan tujuan untuk kebaikan di jalan Allah. Walaupun badan hancur, tapi dengan niat dan tujuan yang sangat mulia, itulah yang kita pahami sebagai khusnul khotimah. Dan tentu saja hal itu hanya dalam pandangan mata manusia saja. Hanya Allah yang mengetahui kesudahannya.

   Seringkali kita mendengar komentar dari orang-orang yang memandikan mayat dan melihat jasad sebelum mengkafaninya, ketika orang tersebut begitu indahnya dalam menutup mata karena ketenangan dan senyuman tersungging di wajahnya. Perlu diketahui bahwa itu bukan merupakan ukuran khusnul khotimah. Kita perhatikan ketika orang-orang kafir yang meninggal dengan meninggalkan senyuman terindah, bahkan dilanjutkan dengan dirias wajahnya. Padahal dalam keyakinan kita, mereka adalah penghuni neraka yang kekal. Contoh lagi adalah paman nabi, Hamzah, yang meninggal dalam peperangan sehingga tubuhnya hancur akibat penyiksaan kaum kafir. Apakah kita menghukumi dengan menutup akhir hidupnya dengan buruk, sedangkan Allah; bahkan menjamin surga dengan kematian syahidnya. Itulah sedikit contoh pengertian khusnul khotimah.


Bagaimana dengan kita yang hingga saat ini ajal belum datang menjemput? Sudahkah kita setiap saat berusaha berproses kearah khusnul khotimah?


   Takdir ditangan Allah, tetapi manusia hendaknya mencari ilmu, mencari tahu arah jalan menuju khusnul khotimah. Jangan mengabaikan hal ini. Jangan berharap mendapatkan khusnul khotimah, sedangkan kita sama sekali tidak berusaha mencari tahu penyebabnya.

Tidak ada komentar: